Month: January 2017

Jujur Bawa Masalah?

“Bagus ya . . . Sekarang kamu mulai belajar bohong sama aku!” kata Devi setengah berteriak kepada Mario, pacarnya.

“Aku bohong apa sih, Say?” sambut Mario, kebingungan.

“Kayak gitu kamu bilang nggak bohong? Kamu pergi sama temen-temen kamu, tapi bilangnya lembur. Lembur apaan coba?!” lanjut Devi terus nyerocos dengan murka. Mario pun berusaha berdalih sambil menenangkan Devi.

Sounds familiar?

Situasi kayak gini mungkin pernah terjadi pada kita dan orang-orang di sekitar kita. Kita tahu kalau jujur memang baik dilakukan dalam sebuah hubungan, tetapi banyak juga yang bilang kalau terlalu jujur malah bisa membuat masalah dan keributan. Gara-gara ini, kita dengar juga istilah “nggak bohong, tetapi nggak sepenuhnya jujur”.

Read More

Kenapa Takut Bertempur dalam Doa?

Christ in Gethsemane, lukisan oleh Carl Heinrich Bloch (1834-1890, Denmark)

Dua kalimat.

Pertama: “Bapa, ambil cawan ini jauh-jauh dari-Ku.”
Kedua: “Bapa, terjadilah kehendak-Mu.”

Malam itu, di taman itu, dengan dua kalimat itu, Yesus mengubah sejarah manusia. Yesus berani blak-blakan, minta sejelas-jelasnya apa yang Ia mau. Tapi, Yesus juga bersikap seolah nggak ambil pusing yang diminta-Nya itu bakal dikabulin oleh Bapa-Nya atau nggak.

Gampangnya, Yesus bilang gini: “Bapa, kasih aku ini. Please, please, please, kabulin doaku.” Terus Yesus lanjutin gini: “Bapa, terserah deh, mau ngabulin doaku apa nggak.”

Di sini hebatnya Yesus. Seperti ini orang yang bertempur dalam doa. Ia nggak menyerah pada keadaan. Ia tahu apa yang Ia mau, dan Ia tahu apa yang penting bagi-Nya. Namun, Yesus juga tahu kalau apa yang Ia inginkan mungkin nggak sepenting rencana Bapa-Nya.

 

Read More

But You Promised, God!

Saya akui, ketika saya masih kecil saya nggak suka berdoa. Saya cuma berdoa kalau butuh, kalau ada maunya. Waktu mulai bertambah dewasa, waktu saya mulai mengerti soal pentingnya berdoa, tetap saja saya masih nggak gitu suka berdoa. Berkali-kali saya berdoa, terutama ketika ada maunya.… Read More

Tentang Doa: 3 Cara Berdoa yang Bisa Kamu Coba

Kalau berbicara tentang doa, ada pengalaman yang membekas di dalam ingatan saya. Semasa kecil, saya sering menyerbu kamar orang tua saya, ehm, karena takut tidur sendirian. Saya sering melihat dan mengamati almarhum ibu saya menjalankan “ritual” malam harinya: sikat gigi, cuci muka, cuci kaki, memakai pelembab, duduk di pinggir tempat tidur, membuat Tanda Salib, berdoa, lalu siap untuk tidur (biasanya saya gangguin dulu tapinya).… Read More

Doa… Doa… Apa Arti Doa Sebenarnya?

“Apakah doa itu?” Kebanyakan orang kalau ditanya pertanyaan itu, sebagian besar mungkin mengatakan “berbincang-bincang dengan Tuhan“ atau “saat kita memohon kepada Tuhan“.  Jawaban itu benar.  Tapi di sini, kita mau lebih mendalami lagi arti dari doa, serta apa sih sebetulnya guna dari doa itu.… Read More

Perlu jadi manja biar cowok tertarik?

Apa yang muncul di pikiranmu kalau mendengar kata “manja”? Cewek yang lagi bermanja-manja dengan pasangannya? Atau kelakuan yang kesannya terlalu tergantung dengan orang lain? Kalau kita ngintip Kamus Besar Bahasa Indonesia, manja punya dua arti. Arti (1) kurang baik adat kelakuannya karena selalu diberi hati dan dituruti semua kehendaknya; (2) sangat kasih, bermesra (kepada seseorang).… Read More

How to Improve the Quality of Your Life

Bagaimana cara untuk memperbaiki kualitas hidup yang kita miliki?

Siapa dari kita yang tidak mau punya hidup yang berkualitas? Kita semua pasti ingin punya kualitas hidup yang baik, dengan alasan sesederhana karena kita ingin hidup bahagia.

Dari mana datangnya hidup berkualitas yang kamu inginkan?… Read More

Beneran open-minded, atau takut ambil risiko?

Almarhum Uskup Fulton J. Sheen pernah menulis sesuatu soal pikiran yang open-minded:

Those who boast of their open-mindedness are invariably those who love to search for truth but not to find it; they love the chase but not the capture; they admire the footprints of truth, but not catching up with it.

Read More

Nama Yesus emang bikin rempong!

Pernah denger cerita soal cewek Latina yang namanya Iloveny? Sebelum dia lahir, bokapnya bingung musti kasih nama apa, karena cuma ngerti bahasa Spanyol dan bahasa Inggrisnya masih pas-pasan. Waktu lagi bingung, dia lihat billboard besar bertuliskan I LOVE NY. Bingo!… Read More

Scroll to top