AskINSPIRE

Semua pertanyaan yang masuk ke INSPIRE melalui email dan media sosial.

AskINSPIRE: Bagaimana Berhenti Pornografi tanpa Supresi (Ditekan/Dikekang)?

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Terima kasih, Kak, atas video dan penjelasannya yang sangat bermanfaat sekali. Zaman sekarang, pornografi sudah menjadi jerat yang mematikan sekali untuk generasi ini. Saya juga seorang pecandu yang sedang berusaha lepas dari pergumulan ini, dan video Kakak membuat saya yakin bahwa saya bisa melaluinya.

Read More

AskINSPIRE: Pacaran, Siapa yang Bayar?

Ada pertanyaan yang pernah masuk ke INSPIRE:

Kalau pacaran, siapa yang mesti bayar? Apa setiap kali jalan, cowok harus bayarin semua? Atau bayar sendiri-sendiri?

Dalam kesempatan nongkrong dengan beberapa teman, seorang teman cowok bertanya pada teman cowok lain yang baru saja jadian, “Bro, gimana?… Read More

AskINSPIRE: Apakah Dosa Menghambat Terkabulnya Doa?

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Apakah dosa bisa jadi penghambat terkabulnya doa kita?

Kalau mau dijelaskan secara sangat sederhana, jawabannya iya. Ada ayat-ayat Alkitab yang menyatakan bahwa dosa membuat Allah tidak mendengarkan doa-doa kita. Misalnya Yes 59:1-2, Mzm 66:18, Ams 28:9, Yoh 9:31, dan masih ada yang lain lagi.… Read More

AskINSPIRE: Donor Sperma dan Kontrasepsi

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Kakak admin, saya mau bertanya lagi:

1. Seandainya ada pasangan suami istri, yang kesulitan memiliki anak karena suami mandul, apakah diperbolehkan untuk menerima donor sperma dari laki-laki lain supaya mereka tetap dapat memiliki anak?

2.

Read More

AskINSPIRE: Karismatik

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Kak, aku mau cerita sedikit, aku berharap Kakak bisa memberi penjelasan. Jadi begini: Suatu hari, aku diajak temanku untuk ikut Persekutuan Doa (PD) di salah satu Gereja Katolik. Setelah aku ikut, aku kaget karena di PD tersebut volume musiknya sangatlah keras, dan nada musiknya seperti konser band.

Read More

AskINSPIRE: Apa Itu Doa Examen?

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Kak, doa Examen itu apa sih?

Ada banyak cara untuk menjelaskan apa itu Doa Examen. Istilah lengkapnya dalam bahasa Latin adalah Examen Conscientiae. Artinya, “pemeriksaan suara hati.” Doa ini dilakukan untuk meninjau kembali perjalanan sepanjang hari (atau, sepanjang separuh hari jika dilakukan dua kali dalam sehari), apakah kita mendengarkan suara hati kita.… Read More

AskINSPIRE: Bagaimana Cara Agar Doa Dikabulkan Tuhan?

Ada curhat yang masuk ke INSPIRE:

Kak, aku pengen curhat nih tentang masalahku. Sekarang ini, aku bingung dan takut. Aku merasa seperti diabaikan Tuhan. Aku sudah mencoba berbagai jalur untuk masuk PTN, tapi tidak ada yang keterima sama sekali. Aku sempat down banget, Kak.

Read More

AskINSPIRE: Surga itu Apa?

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Kak, mau tanya nih, surga itu sebenarnya apa sih? Kenapa teman dekatku selalu membaca buku yang berjudul “Surga itu Nyata”? Jujur saja, Kak, aku lebih suka membaca buku tentang realita kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Read More

AskINSPIRE: Takut Gagal Lagi

Ada curhatan yang masuk ke INSPIRE:

Hai, Kak, mungkin aku mau sedikit curhat dan meminta pendapat.

SBMPTN yang telah berlalu menyisakan luka dalam diriku, sama seperti cerita pada artikel yang kubaca tentang kegagalan. Aku sudah mencoba berbagai tes masuk ke perguruan tinggi kedinasan di dua instansi yang berbeda.

Read More

AskINSPIRE: Bayi dan Dosa Keturunan

Ada pertanyaan yang masuk ke INSPIRE:

Kakak admin, aku pernah denger kalo pemimpin-pemimpin agama Nasrani pernah menyampaikan bahwa dosa itu ada 2 macam: dosa keturunan dan dosa pribadi. Kok saya tidak setuju ya? Bukankah dosa itu hanya ada dosa pribadi, yaitu yang kita buat sendiri, dan bukan dari Adam Hawa.

Read More
Scroll to top