Relationship

Sepi, Aku Benci Sendirian!

Buat sebagian orang, sendirian bisa sangat menyiksa. Mereka jadi punya anggapan, kalau sendiri ya artinya elu kesepian. Ada juga yang namanya “autophobia“, gangguan kecemasan dengan rasa terpuruk, cemas, takut, dan gelisah jika harus sendirian, sekalipun nggak dalam waktu yang lama.… Read More

Ketika Persahabatan Tidak Berjalan Sesuai Harapan

Saya tidak bisa membayangkan diri saya hari ini tanpa teman-teman saya. Setelah keluarga, sebagian besar hidup saya lewati bersama teman-teman terdekat. Di masa-masa sulit, mereka hadir dan tidak meninggalkan saya. Di lain pihak, saya juga pernah mengalami kekecewaan karena pertemanan. Memang, persahabatan nggak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.… Read More

5 Hal untuk Membangun Persahabatan yang Awet dan Bermakna

Memiliki teman, apalagi sahabat, menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa terjadi dalam hidup kita. Hidup kita akan terasa berbeda, malah mungkin hampa, tanpa kehadiran seorang teman. Namun, teman pun nggak bisa sembarang teman, karena mereka akan memiliki pengaruh yang besar di dalam hidup kita, hari ini dan di masa mendatang.… Read More

3 Hal Untuk Temanmu Yang Putus Cinta

Kamu pernah ada dalam keadaan saat kita harus menemani sahabat yang patah hati? Entah diputusin atau baru saja mutusin pacarnya, dan dia dalam keadaan putus asa, dan kita sedih banget melihat sahabat kita ada dalam kondisi seperti itu. Apa yang harus kita lakukan?… Read More

3 Jenis Pertemanan: Mana Yang Sejati?

Pertemanan yang sejati? Suatu hari, seorang teman lama menghubungi gue dan ngajak ketemuan. Excited, gue langsung menandai kalender, sambil berharap pertemuan nanti bisa seseru pertemuan-pertemuan kita dulu. Pada harinya, kita ketemu dan ngobrol-ngobrol asyik banget selama beberapa menit pertama. Lalu, dia mulai nanya “Apa sih mimpi lo?” Sambil gue mikir, dia mulai bicara panjang lebar tentang rencana hidupnya untuk jadi seorang bilyuner yang bisa keliling dunia … dan akhirnya dia menawarkan gue buat jadi downline dia di sebuah bisnis MLM!… Read More

5 Tips Buat Kamu yang Mau Move On

Jatuh cinta memang jauh lebih mudah dan menyenangkan daripada putus cinta. Kalau mengalami putus cinta, wajar saja kalau seseorang merasakan sakit hati. Namun, rasa sakit hati dan kecewa bisa lebih mendalam kalau kita masih terus berharap hubungan tersebut dapat dipertahankan.

Menyembuhkan luka hati jelas nggak mudah.… Read More

3 Hal yang Perlu Dihindari dalam Sebuah Hubungan

Waktu kita ketemu seseorang dan merasa sensasi berbunga-bunga, kita cenderung buru-buru bilang kalau kita “mencintai” orang itu. Bahkan, ada yang langsung menilai “ini jodohku” dan sebagainya. Padahal, mungkin sebetulnya bukan orang itu yang kita sukai, melainkan gambaran tertentu tentang dia yang ada di pikiran kita.… Read More

Putusin Dia Kalau

Kamu mungkin udah sadar ada tanda-tanda bahaya di dalam hubunganmu, atau merasa hubunganmu udah nggak sehat lagi. Kalau kamu udah berencana mutusin cowokmu atau cewekmu karena emang nemuin tanda-tanda bahaya seperti yang ada di dalam daftar ini, dan nggak ada tanda-tanda dia bakal berubah, jangan takut buat putus!… Read More

Keluarga di Dunia Modern: Gadget untuk Melawan Kebosanan

Rasanya internet merupakan sebuah temuan yang sangat luar biasa di abad ke-21 ini, mungkin yang terbesar setelah penemuan telepon! Internet mengubah bagaimana manusia berinteraksi di seluruh dunia dan membuka peluang-peluang yang belum pernah terciptakan sebelumnya, sehingga ratusan, ribuan, bahkan jutaan informasi dapat kita peroleh setiap harinya.… Read More

Pacaran, boleh sejauh mana?

Kalau lagi nggak berantem, dua orang yang pacaran pasti menantikan waktu-waktu buat berdua. Malam Minggu atau hari-hari ketemuan selalu jadi saat yang menyenangkan. Rencana pun sudah mulai dibuat: Dari pakaian yang akan dipakai, tempat makan favorit, nyoba tempat makan baru, film yang bakal ditonton, atau tempat nongkrong untuk ngobrol-ngobrol.… Read More

Scroll to top